loading

WAJO – Bupati Wajo, Amran Mahmud, menyambut positif Pengadilan Agama (PA) Sengkang yeng telah meningkat tipe atau kelasnya dari kelas IB menjadi IA. Hal ini diharapkan sejalan dengan makin baiknya pelayanan kepada masyarakat.

Naiknya tipe atau kelas PA Sengkang sesuai Surat Keputusan (SK) Sekretaris Mahkamah Agung Nomor: 827/SEK/SK/VII/2022 tentang Pemberlakuan Peningkatan Pengadilan.

Amran Mahmud pun menyampaikan langsung ucapan selamat kepada Ketua PA Sengkang, Nurlinah K, bersama jajaran pada tasyakuran peningkatan kelas/tipe di halaman Kantor PA Sengkang, Selasa (18/10/2022).

“Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Wajo menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas kenaikan kelas tersebut. Kami turut merasakan kebahagiaan ini. Semoga semakin eksis dan terus meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,” kata Amran Mahmud.

Amran Mahmud mengaku peningkatan kelas ini tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih dirinya mengikuti perjalanan dan turut membantu mengomunikasikan dengan petinggi di Mahkamah Agung (MA) saat awal menjabat sebagai Bupati Wajo kurang lebih empat tahun silam.

“Setelah dilantik pada tahun 2019 lalu, saya menyempatkan bersilaturahim dengan orang tua kita, Bapak Andi Samsan Nganro, salah satunya untuk peningkatan kelas PA Sengkang. Saya juga aktif berkomunikasi dan banyak dibantu oleh seorang tokoh di Jakarta, Bapak Andi Akram yang turut membantu mengomunikasikan,” ungkap Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Wajo ini.

Saat Andi Samsan Nganro dilantik menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung awal 2021 lalu, Amran Mahmud bertemu dan mengingatkan tentang PA Sengkang. “Alhamdulillah pada tahun 2022 ini sudah tercapai harapan kita,” tuturnya.

Sementara, Ketua PA Sengkang, Nurlinah K, menjelaskan perjalanan panjang kenaikan kelas PA Sengkang. Pada 1960 PA Sengkang mulai beroperasi dengan kelas II. Kemudian, 1980 naik kelas menjadi IB.

“Barulah 42 tahun kemudian atau tahun 2022 ini naik menjadi kelas IA. Kita hadirkan semua para alumni atau yang pernah menjabat di PA Sengkang. Kenaikan kelas ini adalah berkat kerja-kerja kita semua,” kata Nurlinah.

Tasyakuran yang dirangkaikan dengan Maulid Nabi Muhammad saw. tingkat PA Sengkang dan penandatanganan kerja sama dengan mitra PA Sengkang ini dihadiri deretan tokoh, yakni Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Makassar, Khaeril R, bersama rombongan, dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Makassar, Iswan Herwin.

Lalu, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Wajo, para ketua PA se-Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Barat (Sulbar), para pimpinan perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, perwakilan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wajo, pimpinan perbankan, para mitra PA Sengkang, Imam Besar Masjid Agung Ummul Quraa Sengkang, Abd. Waris, serta undangan lainnya.

Posted in Berita Utama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X